Umbul Ponggok, Destinasi Wisata Air di Kabupaten Klaten

0
24

Pernahkah pergi ke Kabupaten Klaten? Bagi masyarakat klaten dan sekitaranya, Klaten merupakan salah satu kabupaten yang terletak di antara kota Solo dan Yogyakarta. Klaten terkenal dengan sumber mata dan wisata airnya.

Salah satu sumber mata air yang terkenal dan dikenal sebagai desa wisata adalah desa Ponggok yang terletak di Kecamatan Polanharjo. Di desa ini terdapat  mata air dan wisata air yang cukup terkenal yaitu Um  bul Ponggok.

Berasal dari bahasa jawa, Umbul merupakan sebuah kolam alami yang didalamnya terdapat sumber mata air. Umubul Ponggok sendiri kini juga dikelola dan dikembangkan menjadi wisata air. Bagi kalian para traveler, Umbul Ponggok sangat cocok untuk kegiatan seperti berenang, snorkeling, menyelam dan berfoto bersama ikan.

Umbul Ponggok mempunyai ukuran panjang 70 m dan lebar 40 m tersebut menghasilkan mata air yang sangat jernih secara terus menerus. Menurut pengelola, kedalaman sumur mata air Umbul Ponggok  mencapai 100 meter, yang kini sudah tertutup dan hanya di beri saluran pipa air sebagai saluran air.

Bagi para traveler yang suka olahraga air, kegiatan snorkling dan berenang  di Umbul Ponggok adalah pilihan yang tepat. Bersnorkeling di Umbul Ponggok sangat cocok bagi para pemula, karena tidak perlu takut akan gelombang atau ombak seperti di lautan.

Umbul Ponggok mempunyai kedalaman kurang lebih 2 hingga 3 meter, didalam kolam terdapat berbagai macam ikan air tawar dan pasir menawarkan suasana layaknya pemandangan bawah laut yang indah dan tidak kalah dengan laut sesungguhnya.

Berbeda dengan kolam renang pada umunya, dasar Umbul Ponggok masih sangat alami yang berupa hamparan pasir, bebatuan, dan ikan warna-warni, sehingga memang sangat cocok untuk kegiatan snorkling.

Selain berenang, snorkling atau bermain air, di sekitar kolam Umbul Ponggok juga terdapat berbagai macam fasilitas untuk para pengunjung,  seperti berbagai macam tenan kuliner dan persewaan alat untuk menyelam. Jadi destinasi wisata Umbul Ponggok bisa menjadi salah satu alternatif bagi traveler saat berkunjung ke Kota Solo, karena lokasinya kurang lebih 15 kilometer dari pusat kota Solo.

 

Credit Photo : Citra Rahman

Tinggalkan Balasan