Petualangan di Sungai Maron, Amazone Tersembunyi di Pacitan

0
10

Sungai Amazone memang sungai yang terkenal di Amerika selatan dan terkenal dengan ganasnya alam liarnya. Di Jawa, untuk melakukan perjalanan seperti di hutan Amazone tidak perlu jauh jauh pergi ke Brazil. Kini di Indonesia terdapat sungai Maron yang terletak di Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

Perjalanan menuju sungai maroon bisa ditempuh kurang lebih 45 menit dari kota Pacitan atau 3 jam perjalanan dari kota Solo, tepatnya menuju di Desa Dersono, Kec. Pringkuku. Meski susur sungai ini par traveler menyebutnya seperti sungai Amazone, ternyata para penduduk sekitar menyebut Sungai Maron sebagai Green Cayon, karena di sekelilingnya banyak panorama indah dan unik sepanjang aliran sungai seperti pohon kelapa yang jumlahnya sangat banyak sekali.

Selama menyusuri sungai, traveler dusuguhi pemandangan aliran sungai yang di kelilingi pepohonan hijau yang lebat hingga ratusan pohon kelapa sepanjang sungai, hal ini dapat dilakukan dengan menyewa perahu yang sudah disediakan oleh penduduk setempat.

Dengan menggunakan perahu yang muat  untuk 5-6 orang, para penikmat petualang sudah bisa menyusuri sungai yang mempunyai panjang kurang lebih 4,5 Kilometer atau bisa ditempuh dalam waktu perjalanan sekitar hamper satu jam.

Selama susur sungai Maron traveler di wajibkan memakai pengaman seperti pelampung, karena kedalaman sungai ini mencapai 20 meter. Jika berani para traveler bisa ikut menceburkan diri ke sungai tersebut dan menikmati air sungai yang bermuara di pantai Ngiroboyo Pacitan

Sepanjang perjalanan yang hampir ditempuh dalam waktu satu jam tersebut, mata para traveler akan melihat garis horizon berupa pepohonan hijau, air yang jernih kebiruan, suasana tenang di alam bebas yang kan menjadi pengalaman tak terlupakan. Kejernihan air sungai maron memang sangat memukau, hingga masyarakat sekitar menjadikan sungai dengan sumber mata air bersih ini menjadi pelengkap untuk kehidupan sehari-hari.

Traveler yang ingin menikmati akan keindahan Sungai Maron bisa  langsung merencanakan perjalanan untuk menuju ke Pacitan. Tentunya segalanya akan terbayarkan ketika sudah sampai di Sungai Maron.

Tinggalkan Balasan