Rumah Atsiri, Wisata Bunga dan Sejarah Minyak Atsiri di Tawangmangu

0
68

Rumah Atisiri merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sudah di rencanakan oleh Presiden Pertama Indonesia, Ir.Soekarno. Dulunya, bangunan ini merupakan salah satu proyek  mercusuar untuk industri minyak atsiri di Indonesia.Pada masa Ir. Soekarno setelah dekrit presiden tahun 1959, Pak Soekarno dengan politik luar negeri Indonesia melakukan kerjasama dengan negara komunis blok timur.

Menurut sejarah, Pabrik Atsiri didirikan untuk para tentara-tentara pada Perang Dunia Ke II sebagai pengobatan dan terapi. Atas ketertarikannya tersebut akhirnya Presiden Soekarno melakukan kerjasama dengan pemerintah Bulgaria dan mendirikan Pabrik Atsiri tersebut.

Singkat cerita proyek Pabrik Minyak Atsiri tersebut tidak berjalan dengan lancar karena masalah politik di Indonesia saat itu. Setelah puluhan tahun mati suri, akhirnya pada tahun 2018, Museum Rumah Atsiri dihidupkan kembali oleh swasta dan sekarang dijadikan menjadi destinasi wisata dengan tidak menghilangkan cikal bakal apa itu atsiri.

Rumah Atsiri terletak Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jika traveler melewati jalan Solo-Tawangmangu, Rumah Atsiri terletak di gang sebelah kanan sebelum pintu masuk atau gapura Tawangmangu.

Untuk masuk ke Rumah Atsiri traveler diharuskan membayarkan deposti sebesar 50 ribu rupiah, dengan deposit tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai fasilitas yang ada sesuai nilai deposit seperti tiket masuk museum, kuliner di restoran, rumah atsiri tour, shoping workshop atau mengikuti kegiatan yang ada di rumah atsiri seperti pembuatan minyak, sabun dan lain sebagainya.

Hal yang paling seru saat di Rumah Atsiri adalah mengikuti kelas workshop yang bisa diikuti oleh anak-anak maupu yang diadakan di Rumah Atsiri antaranya adalah seperti pembuatan Playdough Soap & Hand Sanitizer, Playdough Soap & Mosquito Repellent, Bath Bom & Aromatic Slime, Aromatic Slime & Masker, Masker & Bath Salt dan masih banyak lagi seperti yang dilakukan oleh putri kami yaitu pembuatan Minyak Telon dan Soap Bar.

Rata-rata workshop dilakukan dengan durasi sekitar 1,5 Jam. Workshop tersebut meliputi, pengantar dan pengetahuan tentang Rumah Atsiri, Berkeliling Taman dan Bahan Baku Minyak Atsiri lalu Praktik Secara langsung di Lab Rumah Atsiri.

Bagi traveler yang hanya ingin sekedar nongkrong, Rumah Atsiri juga menyediakan menu menarik. Menu-menu tersebut cukup unik, karena dibuat dengan bahan-bahan yang masih berhubungan dengan Atsiri. Beberapa menu yang disediakan dari Rumah Atsiri diantaranya adalah seperti minuman seperti  Tisane, Fresh Juice, Lasis,  Aneka Blend,  Coffe, Tea, Chocolate and Water dengan harga bermacam-macam mulai dari 10K hingga 30K.

Untuk menu makanan cukup banyak macamnya, mulai dari Small Bites, Salads, Tawangmangu Pride, Desert, Kids Menu (menu khusus anak dengan porsi kecil), Pasta, Comfort Food dan Rumah Atisiri Spesial. Menu-menu tersebut dibanroll mulai dari 15K hingga harga 90K.

Credit Photo : D Sukmana Adi

Tinggalkan Balasan