Restorasi Baru Lokomotif D1410 di Hidupkan Kembali Untuk Kereta Wisata Solo

0
3

Kota Surakarta sebelumnya seudah mempunyai Kereta Api Jaladara yang sudah beroperasi, Kini sebagai salah satu kota Wisata dan Budaya, PT KAI Indonesia  menghidupkan lagi lokomotif uap D1410 yang merupakan loko loko uap berusia 99 tahun ini satu-satunya di dunia.

Setelah kurang lebih 5 tahun di Restorasi, lokomotif uap D1410 berusia 99 tahun akhirnya resmi beroperasi di rel kereta yang melintasi antara Stasiun Purwosari hingga Stasiun Kota. Peresmian dilakukan oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro, dan Wakil Wali Kota Surakarta, Achmad Purnomo, di depak Loji Gandrung.

Lokomotif buatan Jerman tahun 1921 diresmikan oleh Wakil Walokota Surakarta dan melakukan perjalanan perdana menuju Stasiun Kota pada hari minggu 16 Februari saat car free day (CFD) berlangsung. Rencananya, lokomotif uap D1410 tersebut akan menjadi pelengkap dari lokomotif uap C1218 yang sudah lama beroperasi di Solo. Kedua lokomotif tersebut akan difungsikan secara bergantian untuk mendukung Pariwisata di Kota Solo.

Loko uap D1410 tersebut juga menari gerbong Djoko Kendil. Gerbong tersebut merupakan gerbong kereta buatan Belanda tahun 1938. Rencana kedepan, Kereta upa D1410 tersebut akan menempuh rute Solo  РSukoharjo hingga Wonogiri.

 

Photo Credit : Yosef Dian Primadhitama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here