Pesona Keindahan Pantai Klayar

0
2

Pantai Klayar merupakan pantai yang menyimpan keindahan alam yang sangat mengagumkan, dengan hamparan pasir putih serta pesona batu karang yang terbentang sepanjang pantai tersebut. Pantai yang secara administratif terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan Jawa Timur ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat sekitar.

Perjalanan menuju pantai klayar bisa ditempuh kurang lebih 3 jam dari kotasolo dengan menggunakan kendaraan roda 4 . Perjalanan untuk menuju ke pantai ini cukup berliku-liku dengan tekstur tanah yang naik turun dan beberapa jalan masih terjal. Setelah sampai di lokasi parkir, pesona keindahan hamparan pasir berwarna putih akan terlihat .

Batu karang raksasa yang menjulang tinggi seperti patung Sphinx di Mesir, dan air mancur unik yang terjadi karena deburan ombak yang masuk kebawah karang serta menyembur keluar lewat celah-celah karang tersebut. Disaat tertentu terkadang ada suara seperti seruling karena hembusan ombak dan air melalui celah batu tersebut, sehingga sering disebut dengan seruling laut.

Pesona lain Pantai Klayar adalah hamparan pasir putih yang sepanjang bibir pantai terdapat pohon kelapa, gubung-gubung yang beratapkan daun dan hamparan karang yang menghiasi setiap sudut pantai juga masih alami. Di bagian tertentu juga terdapat limpet dan rumput laut yang tumbuh disekitar bebatuan yang terletak di sisi bagian barat pantai klayar.

Waktu yang tepat untuk melihat fenomena seruling samudera ini adalah ketika air laut mulai pasang, yakni pada jam 09.00 pagi dan jam 04.00 sore. Pada saat itu air akan menyembur keluar melalui lubang kecil ketika ombak – ombak memasuki celah – celah kecil di batu karang, semburannya menjulang tinggi hingga 10-15 meter

Pantai yang masih satu garis dengan pantai teleng ria ini juga mempunyai cerita mitors tersendiri, kenapa bisa dinamakan klayar? Menurut beberapa penduduk setempat yang kami temui,  bahwa Pantai Klayar itu dulunya memang ada orang tedampar karena jalan-jalan, klayar berasar dari kata kluyur (kluyuran) atau jalan-jalan.

 

Photo Credit : Pambudi Yoga Perdana

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here