Benteng Toluko, Destinasi Sejarah di Maluku Utara

0
29

Indonesia memang kaya akan peninggalan sejarahnya. Salah satunya adalah yang terletak di Indonesia Timur, khususnya Pulau Ternate. Anda akan merasakan lembutnya cerita cerita sejarah di Pulau ini, khususnya tentang peradaban masa penjajahan dan sejarah. Banyak sekali kisah tentang Ternate yang menceritakan jaman prasejarah, kolonial hingga ternate jaman modern. Salah satu peninggalan yang menjadi saksi sejarah di jaman kolonial adalah adanya salah satu benteng yang dikenal sebagai destinasi wisata sekaligus wisata sejarah. Benteng tersebut bernama Benteng Toluko.

Benteng peninggalan Portugis ini tereltak di Kota Ternate, Maluku Utara. Jika anda berdiri di sekitar benteng Toluko, anda akan melihat pemandangan laut dengan latar belakang Pulau Halmahera, Tidore dan Maitara yang indah nan eksotis.

Benteng Toluko merupakan salah satu saksi sejarah jaman kolonial. Hingga saat ini bangunan-bangunan peninggalan bersejarah masih terawat rapi dan berfungsi menjadi salah satu destinasi wisata. Benteng Toluko sendiri merupakan benteng yang menyimpan kisah perjalanan kota Tertane, hingga saat ini berdiri kokoh di atas bukit.

Saat sampai dilokasi Benteng Tolukko, anda akan melihat bentuk Benteng tampak bulat dan  terdapat dua buah bastion di depan. Tengahnya terdapat sebuah lorong dengan panjang kurang lebih sekitar 20 meter menuju belakang benteng, sehingga tiada habisnya menghabiskan waktu untuk berkeliling benteng.

Suasana Benteng Toluko juga sangat asri dengan tanaman hijau dan cukup terawat. Untuk masuk kedalamnya, anda harus memasuki sebuah lorong, disinilah terdapat sebuah lubang persegi dengan anak tangga menuju ruang bawah tanah. Ruang bawah ini dulunya merupakan tempat penyimpanan amunisi perang. Ruang bawah tanah ini cukup berbahaya, dan tidak ada penerangan.

Pada masa penguasa Portugis dan Belanda, lorong ini digunakan sebagai sarana melarikan diri apabila terjadi pemberontakan atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Namun, sejak tahun 1996 benteng ini dipugar dan lorong tersebut ditutup untuk selamanya demi alasan keamanan.

Di bagian luar, jika anda berkeliling Benteng Toluko juga terlihat indahnya pegunungan Gamalama yang tertutup awan. Di sekitarnya juga masih di dominasi dengan pemandangann alam dan pepohonan hijau yang begitu indah di pandang.

Photo Credit :  Benisius Anu

Tinggalkan Balasan