Jalan-jalan Ke Magelang, Kemana Saja?

0
57

Sekilas Kota Magelang

Magelang merupakan salah satu kota yang dikenal karena adanya pendidikan militer yaitu Akmil. Di kota inilah para perwira TNI dicetak terutama dari Angkatan Darat. Selain sebagai basis kota Militer di Jawa Tengah. Magelang secara geografis terletak diantara gunung dan bukit yang mempunyai pesona alam begitu indah, diantaranya adalah Gunug Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing.

Kota yang terletak kurang lebih 43 km sebelah utara Yogyakarta ini juga memiliki potensi alam dan beberapa destinasi wisata yang cukup dikenal seperti Candi Borobudur, Taman Kyai Langgeng serta beberapa potensi destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi. Jika ke Kota atau Kabupaten Magelang, kira kira destinasi apa saja yang bisa dikunjungi :

Mendaki di Gunung Andong

Selain Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing, Magelang juga mempunyai gunung yang diperuntukkan untuk destinasi wisata serta pendaki pemula, Gunung tersebut bernama Andong. Gunung Andong merupakan gunung yang terletak di antara Ngablak dan Tlogorjo, Grabag.

Gunung ini memilikiketinggian sekitar 1.463 mdpl. Di gunung inilah para pendaki pemula mendaki untuk menuju puncaknya dan mendirikan tenda untuk menginap beberapa hari. saat sunset maupun sunrise, puncak gunung Andong menjadi spot favorit untuk menikmati suasana tersebut.

Rafting di Sungai Elo atau Progo

Bagi pecinta olahraga atau wisata ekstrim, Rafting adalah salah satu pilihan destinasi wisata seru di kota Magelang. Terletak di kawasan pegunungan, Magelang memiliki beberapa sungai dengan aliran jeram yang cukup deras seperti sungai Elo maupun Progo.

Banyak sekali di Magelang operator yang menyediakan dan memfasilitasi para wisatawan yang berkunjung ke Magelang untuk melakukan wisata ekstrim menyusuri sungai sungai dikawasan magelang. Dengan modal keberanian para wisatawan bisa menikmati olahraga tersebut dengan harga dan perlintasan sungai bermacam-macam dengan berbagai level. Olahraga tersebut bisa dilakukan di dua sungai yang cukup terkenal di magelang yaitu Sungai Progo Atas, Progo Bawah maupun Sungia Elo.

Indahnya Sunset di Punthuk Setumbu

Menikmati keindahan Borobudur dari dekat mungkin sudah biasa. Karena memang Borobudur merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang begitu terkenal di wilayah Magelang, Jawa Tengah. Namun, di Punthuk Setumbu para wisatawan bisa menikmati Borobudur dari sisi lain. Bisa dibilang Punthuk Setumbu adalah salah satu Nirwana untuk menikmati Candi Borobudur dari Kejauhan.

Untuk bisa menikmati Indahnya Sunset di Punthuk Setumbu dengan bayangan Candi Borobudur, pengunjung harus bangun pagi sebelum subuh, dan menuju ke puncak Puntuk Setumbu yang terletak di Jl.Borobudur Ngadiharjo KM 4 km, Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Magelang. Lokasi ini masih satu kawasan dengan Bukit Rhema yang dikenal sebagai syuting film bioskop Ada Apa Dengan Cinta 2.

Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng merupakan taman terbesar yang terletak di Jalan Cempaka. Merupakan satu-satunya taman di Kota Magelang yang mempunyai luas hingga 28 hektare, Taman ini terletak sekitar 1 kilometer dari pusat kota. Taman Kyai Langgeng memiliki ratusan koleksi tanaman langka yang bisa dimanfaatkan sebagai objek penelitian.

Taman Kyai Langgeng juga mempunyai beraneka macam fasilitas permainan baik untuk anak-anak maupun dewasa, sehingga Taman Kyai Langgeng sangat cocok untuk libura keluarga.

Kuliner Kupat Tahu

Selain dikenal dengan makanan khasnya potil dan nasi goreng magelangan, kuliner yang tidak boleh dilewatkan saat berada di kota Magelang adalah Kupat Tahu. Salah satu yang terkenal warung Kupat Tahu di Magelang adalah Tahu Pojok Magelang.

Tahu Pojok Magelang merupakan salah satu warung kupat tahu legendaris yang terletak di Jl. Tentara Pelajar  Kios No.14. Kupat Tahu disini merupakan salah satu warung favorit para petinggi militer yang dulunya pernah sekolah di Akmil dan langganan kalangan pejabat yang mempunyai kenang-kenangan di kota Magelang,  Salah satunya adalah Presiden Republik Indonesia, SBY.

Kupat tahu sendiri adalah makanan yang berbahan dasar ketupat yang diberi tahu goreng dengan toping sambal kacang, taoge dan sambal. Lebih nikmat lagi saat memakannya menggunakan kerupuk atau “kletikhan” lainnya.

Photo Credit : D Sukmana Adi

Tinggalkan Balasan