Dampak Corona Terkait Kebijakan Pemerintah Untuk Pariwisata di Indonesia

0
72

Virus Corona atau yang disebut dengan Covid19 menjadi momok tersendiri bagi industri pariwisata Indonesia. Sejak ditetapkannya 2 orang WNI terkena virus yang berasal dari Wuhan China tersebut pada awal 2020, sontak industri pariwisata mulai terguncang. Hingga sejumlah kebijakan harus diambil oleh pemerintah untuk menyelamatkan Pariwisata Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama merespon kabar tersebut, penerapan kebujakan stimulus sektor pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan mancanegara mulai dilakukan. Hal tersebut dengan mengutamakan penanganan dan antisipasi agar virus tidak semakin luas.

Kondisi semakin memprihatinkan saat pada 18 Maret kemarin, Indonesia mengalami lonajakan dampak Corona yang paling parah di Asia Tenggara. Pihaknya juga sangat prihatin atas semakin meluasnya wabah virus corona yang sudah sampai ke Indonesia hingga ke beberapa daerah destinasi wisata. Untuk saat ini, pihak kementrian akan lebih memfokuskan program pada penanganan wisman yang masuk ke destinasi Indonesia saat dimulainya periode penyebaran virus dimaksud, menambah peningkatan kualitas destinasi pariwisata melalui environment sustainabilityhealth and hygiene, dan safety and security.

Sementara itu Ketua Umum ASITA Indonesia, Nunug Rusmiati mengatakan bahwa saat ini sudah lebih dari 20.000 wisatawan mancanegara membatalkan perjalannya ke Bali, hal tersebut dikarenakan karena semakin bertambahnya virus corona. Terlebih saat menteri luar negeri  Retno Marsudi menyampaikan dan mulai memberlakukan pembatasan masuknya WNA  selama satu bulan mulai 20 Maret 2020.

Tinggalkan Balasan