Pesawat Komersial dan Carter Dilarang Terbang Pemerintah Mulai 24 April hingga 1 Juni 2020

0
62

Pemerintah RI memutuskan untuk menghentikan sementara layanan transportasi udara komersial dan carter mulai 24 April hingga 1 Juni 2020 mendatang. Hal ini merupakan kebijakan untuk menindaklanjuti larangan mudik yang telah di sampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Untuk transportasi udara, pertama adalah larangan melakukan perjalanan di dalam negeri maupun ke luar negeri, baik menggunakan transportasi udara berjadwal maupun transportasi udara carter, Pemberlakuan tersebut akan berlakumulai tanggal 24 April 2020 pukul 00.00 WIB. ” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto dalam konferensi pers, Kamis (23/4/2020).

Akan tetapi larangan ini dikecualikan untuk pimpinan atau lembaga tinggi negara RI dan tamu atau wakil kenegaraan dan perwakilan organisasi internasional. Selain itu juga juga untuk pemulangan warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA) yang terkena dampak dari virus Covid 19

Berikutnya juga untuk operasional penegakan hukum ketertiban dan pelayanan darurat serta untuk petugas penerbangan. Selain itu pengecualian berlaku untuk angkutan kargo dan operasional lainnya atas seizin khususnya untuk pengangkutan kebutuhan alat kesehatan dan logistik sebagai operasional pendukung penanganan Covid 19

Novie memastikan pelayanan navigasi penerbangan tetap dilaksanakan seperti biasa. Pelayanan bandara juga akan  tetap beroperasi seperti biasa sebagai antisipasi apabila dibutuhkan untuk mengangkut cargo.

Tinggalkan Balasan