Pantai Buron, Pantai Karang di Ujung Gunung Kidul Yogyakarta

0
72

Rindu dengan pantai? salah satu pantai yang bisa di kunjungi para wisatawan untuk menikmati Sepi adalah Pantai Buron. Pantai Buron merupakan salah satu pantai yang terletak di gunung kidul dan relatif sepi di banding pantai lain di deretan pantai selatan Jogja lainnya. Pantai ini adalah pantai yang baru di resmikan di akhir tahun 2016 dengan pesona yang sangat mendungundang kekaguman para Pengunjungnya.

Untuk menuju ke lokasi ini memang cukup jauh, anda harus menempuh waktu kurang lebih hampir dua jam dari kota Jogja melalui jalan Parangtritis Panggang lalu menuju pertigaan kea rah pantai Gesing lalu Pantai Buron.

Setelah sampai di pantai tersebut, anda akan melihat dua jalan. Salah satunya menuju pantai Gesing, dan satunya pantai Buron. Pantai Buron berada di sebelah kanan. Di pantai inilah anda akan melihat secara langsung Eksotisme keindahan laut tak pernah ada habisnya. Di Buron hampir tidak ada garis pantai dan pasir putih. Akan tetapi anda hanya bisa menikmati pantai dari atas karang yang langsung berhadapan dengan air laut dengan ombak yang cukup besar.

Beberapa aktifitas yang bisa anda lakukan adalah bisa dengan berfoto di atas karang dengan latar belakang lautan samudra hindia.  Di tebing tersebut akan terlihat tebing karang yang sudah dibuatkan jalan setapak dengan cor semen, dari sini anda bisa dengan mudah mengelilingi karang yang ada di tepi laut Pantai Buron sembari menikmati keindahan ombak pantai selatan.

Bagi para pecinta fotografi atau pecinta Sunset, pantai ini sangat di rekomendasikan karena ujung tanjung karang tersebut langsung menghadap kea rah barat. Beberapa spot sudah di sediakan pengelola untuk menikmati sunset di Pantai Buron. Kerasnya karang yang disela selanya ditumbuhi tumbuhan hijau menjadi salah satu pemandangan untuk mata. Sehingga membuat suasana pantai tidak terlalu panas dan tetap sejuk.

Pengelola setempat juga membuat sebuah jembatan yang disebut dengan istilah Jembatan Cinta yang menjadi salah satu daya pikat. Tempat wisata pantai seluas  sekitar 2 hektare tersebut, pengunjung bisa menikmati dari ketinggian bukit sambil melihat indahnya gelombang dan karang laut, wilayah ini dikenal sebagai lokasi pemancingan, sehingga pengunjung bisa memancing di Taman Pantai Buron ini.

Setelah berkeliling karang melalui jalan setapak, di ujung jalan tersebut tembus di lokasi parkiran, disanalah banyak sekali warung yang menjajakan berbagai macam olahan kuliner laut. Selain itu, untuk sarana ibadah. Tepat di depan parkiran juga terdapat masjid yang cukup bagus yang terletak di atas. Sehingga jika anda berada di teras masjid tersebut, bisa melihat langsung suasana laut sejauh mata memandang.

 

Photo Credit : Yulita Rusli Rahmawati

Tinggalkan Balasan