Indahnya Pulau Rinca di Kawasan Labuan Bajo

0
69

Indonesia timur memang sangat terkenal di kawasan Labuan Bajo, salah satunya adalah pulau Komodo. Namun siapa sangka jika di Labuan Bajo juga ada pulau yang tidak mau kalah dengan pulau Komodo, pulau tersebut adalah pulau Rinca.

Perlu di ketahui kalau Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo, NTT memiliki beberapa pulau. Dan yang paling dikenal oleh wisatawan dalah terkenal adalah Pulau Komodo dan Pulau Rinca, dimana pulau tersebut di huni penduduk dan juga menjadi habitatnya komodo.

Jika di Pulau Komodo lebih banyak hutan, di Pulau Rinca lebih banyak padang rumput atau savanna. Saat berada di Pulau Rancana, wisatawan akan melihat banyak komodo yang lebih agresif di banding dengan yang ada di Pulau Komodo. Pulau Rinca yang relative dipenuhi dengan savanna membuat suasana di pulau tersebut lebih panas.

Untuk menuju ke Pulau Rinca, wisatawan bisa memulai perjalanan dari Labuan Bajo dengan menggunakan kapal sewaan. Atau  juga dapat menggunakan jasa travel agent yang menyediakan paket tour sailing Komodo. Perjalanan menuju Pulau Rinca dari Labuan Bajo ditempuh selama 2 jam perjalanan laut lalu berlabuh di dermaga Loh Buaya di Pulau Rinca.

Pulau RInca yang letaknya lebih dekat dengan labuat Bajo membuat wisatawan lebih bnayak yang datang ke sini. Pulau Rinca mempunyai titik tertinggi sekitar 670 mdpl. Di pulau ini tidak hanya menemui komodo saja, namun di pulau ini juga hidup berbagai jenis binatang seperti komodo, babi liar, kerbau dan burung.

Bagi yang suka melakukan perjalanan, tersedia beberapa jalur untuk trekking, mulai trekking jalur pendek, menengah dan panjang. Tentunya untuk melakukan trekking di Pulau Rinca harus menyesuaikan kondisi fisik. Di sepanjang jalur trekking, juga bisa melihat secara langsung hamparan laut dan perbukitan yang berjajar, di musim hujan, bukit bukit di pulau rinca bewarna hijau, akan tetapi saat musim kemarau keadaan berubah menjadi kekuningan.

Di sela-sela perjalanan trekking, pengunjung akan menemukan puncak bukit yang memiliki pemandangan khas Pulau Rinca. Hamparan laut biru dipadukan dengan perbukitan eksotis semakin menambah keindahan Pulau Rinca. Sungguh memanjakan mata setiap wisatawan yang mengunjunginya.

Soal fasilitas, Pulau Rinca sudah terdapat beberapa akomodasi yang bisa di gunakan para wisatawan. Diantaranya adalah seperti toilet, warung makan, homestay di sekitar lokasi pos penjagaan. Akan tetapi apabila ingin melakukan trekking, di sarankan membawa bekal air dan makanan lebih, karena cuaca rata-rata di Pulau Rinca cukup panas, hal ini di lakukan untuk menghindari dehidrasi.

Photo Credit : Nizarnizar.com

Tinggalkan Balasan